Sebuah Proses yang Tak Akan Terlupakan

 


            Momen yang tak terlupakan itu adalah suatu hal yang sangat berkesan dan membekas di hati. Mungkin bagi sebagian orang momen yang tak terlupakan adalah bertemu dengan keluarga setelah sekian lama terpisah, pernah merasakan jatuh cinta, ditinggal dengan orang yang disayang atau bahkan hal-hal sederhana lainnya. Tapi bagiku, unforgerttable moment-ku adalah waktu yang sedang ku tempuh saat ini.

            Selama 20 tahun ini, hal yang paling berkesan di hidupku adalah tinggal di pulau orang dalam waktu yang cukup lama. Ini lebih berkesan dari pada sekedar mendapat hadiah yang paling istimewa dari orang yang disayangi, berhasil mencapai impian besar pada saat sekolah dulu, dan momen yang paling sedih yang pernah kurasakan. Merantau di luar pulau kelahiranku saat ini adalah yang hal pertama kalinya bagiku. Mungkin orang lain mengira itu adalah hal yang biasa dan lumrah. Tapi bagiku, merantau yang pertama kali dan cukup lama sama halnya dengan keluar dari zona nyaman. 

            Aku yang selama ini merasa nyaman di pulau kelahiranku mulai tersadar bahwa, ternyata tinggal di ibu kota dan bertemu dengan teman-teman hebat dari seluruh Indonesia adalah hal yang baru dan tidak ada di pulau kelahiranku. Pikiranku mulai terbuka akan banyak hal dan masih banyak yang belum aku ketahui. Berada di tengah-tengah teman-teman hebat dari seluruh Indonesia adalah hal yang paling aku syukuri. Aku diberi kesempatan untuk bertemu langsung dan belajar banyak hal dari mereka semua. Pengalaman hidup lainnya juga banyak kudapatkan, dan itu tentu sangat aku butuhkan untuk bekal dimasa depan. 

        Di sini aku mulai sadar pentingnya manajemen waktu dan emosi. Ketika aku bermalas-malasan, aku sendiri yang langsung menanggung akibatnya. Contoh kecilnya, ketika aku malas cuci piring, malas cuci baju, atau malas makan, maka aku harus siap untuk langsung menanggung akibatnya. Bagian yang paling tak terlupakannya adalah semua proses yang aku jalani seorang diri. Di sini, aku berproses bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik, belajar arti dewasa yang sesungguhnya, dan belajar menghadapi persoalan dengan cara pandang yang baru. Di sini lah aku mulai lebih mengenal diriku sendiri. Semua proses ini lah yang aku akan kenang dan tak akan ku lupakan. Mungkin 5 tahun, 10 tahun kemudian, atau entah kapan aku akan bertemu dengan unforgettable moment lainnya yang lebih berkesan.

Komentar

  1. Tulisan ini sangat berkesan. Saya juga merasakan hal yang sama seperti penulisnya. Semoga kita sukses kedepannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Dia

Dengan Artificial Intelligence Semua jadi Mudah

Menulis di Mata Saya