Dengan Artificial Intelligence Semua jadi Mudah

  
     Dunia bersifat dinamis dan terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Manusia kerap kali melakukan aktivitas secara konvensional yang dapat menyita banyak waktu dan tenaga. Namun kini, dengan bantuan mesin-mesin canggih, manusia dapat menyelesaikan berbagai aktivitas hanya dengan meng-klik sambil rebahan.  Mesin atau teknologi yang meliputi kemampuan berpikir dan menaikkan produktivitas ini yang disebut dengan artificial intelligence. Artificial intelligence atau AI adalah sistem yang dapat mengelola dan meniru cara berpikir otak manusia dalam komputer. 

        E-commerce adalah salah satu industri yang menggunakan penerapan teknologi  artificial intelligence untuk mendukung kegiatan di dalamnya.  Contoh aplikasi AI di industri ini diantaranya yaitu fitur rekomendasi, fitur chatbox, fitur smart logistic, dan fitur Request for Quotation (RFQ). Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, hasil pendataan survei e-commerce sampai dengan 15 September 2022 menunjukkan hanya 34,10% usaha yang melakukan kegiatan e-commerce dan masih terpusat di Pulau Jawa. Hal ini menunjukkan bahwa usaha yang menerima pesanan atau melakukan penjualan barang/jasa melalui internet di Indonesia masih tergolong rendah dan masih didominasi dengan jenis usaha konvensional. 

        Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah salah satu Provinsi yang memanfaatkan Artificial Intelligence berupa e-commerce untuk memajukan UMKM. Terlebih lagi pada saat pandemi Covid-19 dimana para pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan secara drastis akibat berbagai kebijakan pemerintah mengenai pembatasan kegiatan masyarakat di luar rumah. Berikut adalah data mengenai tiga kategori produk unggulan yang disebarkan melalui E-Commerce (NTB Mall) bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2022.

Sumber: Satu Data NTB (diolah)

        E-commerce memiliki dampak positif yang signifikan baik bagi pebisnis, konsumen, maupun masyarakat. Pengaruh e-commerce terhadap perkembangan UMKM adalah meningkatkan penghasilan, meningkatkan produksi barang, mempermudah pemasaran, serta jangkauan pasar yang lebih luas dan tanpa batas.  Inilah salah satu manfaat besar yang dihasilkan dari dibuatnya artificial intelligence yang dapat mempermudah dunia transaksi.

Referensi:

Badan Pusat Statistik

Lismula, Riska Julianti Ade, dkk. (2022). Analisis Pengaruh E-Commerce terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sumbawa: Sekolah Tinggi Agama Islam Sumbawa.

Komentar

  1. AI tentu saja dapat memudahkan pekerjaan kita. Tapi bisa saja suatu hari nanti pekerjaan kita akan digantikan oleh AI. Tapi ga perlu khawatir karna bakalan banyak lapangan pekerjaan yang baru

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Dia

Menulis di Mata Saya